makan mie instan saat hamil

Makan Mie Instan Saat Hamil Boleh Atau Tidak?

Diposting pada

Makan mie instan saat hamil menurut bunda boleh atau tidak? Bunda pasti sering bertanya-tanya tentang hal ini. Karena apa yang bunda makan pasti akan ada pengaruhnya untuk bunda sendiri juga bayi bunda nantinya.

Artikel kami kali ini akan membahas tentang:

  • Amankah Makan Mie Instan Saat Hamil?
  • Nilai Gizi Mie Instan Yang perlu Diketahui Jika Mau Makan Mie Instan Saat Hamil
  • Efek Buruk Jika Makan Mie Instan Saat hamil Dan Apa Yang Membuatnya Berbahaya
  • Tips Membuat Mie Instan Yang Sehat Agar Bisa Makan Mie Instan saat Hamil

Amankah Makan Mie Instan Saat Hamil?

Bunda pasti sering bertanya-tanya aman atau tidak ya makan mie instan saat hamil? Karena pola makan dan gaya hidup bunda saat hamil secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi janin yang tumbuh di rahim bunda.

Sebagian besar mie instan aman untuk di konsumsi wanita hamil asalkan di konsumsi dalam jumlah sedang. Kalau bisa jangan terlalu sering ya bun.

Bunda bisa menambahkan sayuran segar atau telur rebus supaya kandungan gizinya bertambah tetapi kalau bisa jangan menambahkan lagi garamnya.

Mie instan sebenarnya kurang bergizi karena sangat sedikit kandungan vitamin esensial, mineral, protein dan serat yang bunda butuhkan selama kehamilan.

Jadi kesimpulannya disini makan mie instan saat hamil itu boleh asalkan tidak terlalu sering. Tetapi alangkah baiknya jika bunda mengurangi makan mie instan saat hamil karena masih sangat banyak makanan bergizi lainnya yang tentunya sangat baik untuk bunda dan janin.

Nilai Gizi Mie Instan Yang perlu Diketahui Jika Mau Makan Mie Instan Saat Hamil

Mie terbuat dari tepung terigu, pati, minyak kelapa sawit dan garam. Kadang tepung terigu di ganti gandum.

Dengan tambahan bubuk penyedap yang mengandung monosodium glutamat, bumbu dan gula. Selain itu juga mengandung bahan pengawet.

Dalam satu porsi mie instan mengandung:

  • 219 kalori yang mengandung 14% lemak, 73% karbohidrat, dan 13% protein
  • 3,3 gram total lemak
  • 40,02 gram karbohidrat
  • 7,22 gram protein
  • 46mg kolesterol
  • 378mg sodium
  • Vitamin A 1%
  • Kalsium 2%
  • Zat besi 13%

Efek Buruk Jika Makan Mie Instan Saat hamil Dan Apa Yang Membuatnya Berbahaya

Mie instan termasuk junk food karena mengandung karbohidrat, lemak, natrium yang sangat tinggi tetapi sangat rendah vitamin, protein, serat dan mineral.

Berikut ini adalah bahan-bahan pada mie instan yang bisa berbahaya selama masa kehamilan:

Garam

Setiap 100 g mie instan mengandung hampir 2.500 mg natrium, ini merupakan bahan yang penting dalam
mie instan.

Oleh sebab itu jika bunda mengkonsumsi mie instan secara terus-menerus bisa membuat bunda rentan terkena hipertensi, yang pastinya akan sangat berbahaya jika bunda sedang hamil.

Pengawet

Semua produsen makanan siap saji seperti mie instan akan berupaya meningkatkan masa simpan produk mereka. Dan menambahkan pengawet makanan adalah cara yang pasti dilakukan.

Selain itu mie instan sarat dengan pewarna makanan buatan, bahan tambahan rasa, dll. Tentunya akan sangat berbahaya bagi janin apabila terlalu sering makan mie instan saat hamil.

MSG atau Monosodium Glutamate

MSG adalah bahan yang sering disebut penyedap rasa,vetsin, atau micin yang saat ini sudah banyak digunakan pada banyak makanan.

Meskipum MSG dalam jumlah kecil dapat diproses oleh sistem pencernaan saat bunda hamil, tetapi jika dikonsumsi  dalam jumlah yang besar akan memiliki efek yang cukup berbahaya pada bunda dan bayi bunda.

Lemak Trans

Semua makanan olahan yang tinggi lemak trans termasuk mie instan, akan sangat berbahaya jika di konsumsi setiap hari. Makanya jika makan mie instan saat hamil terlalu sering akan sangat banyak lemak trans yang bunda konsumsi.

Minyak nabati yang berbahaya dan bahan-bahan lainnya yang ada pada mie instan dapat merusak tingkat kolesterol bunda. Pastinya bunda tidak menginginkan hal itu terjadi saat masa kehamilan bunda kan?

Selain itu ada juga TBHQ atau Tertiary Butylhydroquinone adalah turunan petroleum sintetis yang beracun, yang biasa digunakan sebagai bahan pengawet oleh beberapa produsen mie instan.

(Sumber) Bahan kimia ini juga digunakan dalam industri lain seperti cat, kosmetik dan pestisida.

Melihat dari bahan-bahan pada mie instan ini pasti bunda bisa memahami betapa berbahayanya jika bahan-bahan tersebut sering di konsumsi oleh bunda saat sedang hamil karena pasti akan berpengaruh untuk janin bunda juga.

Meskipun mungkin tidak membahayakan untuk bunda jika asupannya dalam jumlah kecil dan tidak berlebihan, tetapi pasti dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Tips Membuat Mie Instan Yang Sehat Agar Bisa Makan Mie Instan saat Hamil

Satu-satunya cara untuk membuat mie instan sedikit lebih sehat adalah dengan menambahkan sayuran segar atau telur rebus.

Jika bunda harus makan mie instan saat hamil, pastikan bunda menambahkan banyak sayuran segar seperti kacang polong, wortel, tomat, kentang, kembang kol, bawang dll.

Sayuran ini juga bisa menambahkan cita rasa pada mie dan juga dapat meningkatkan nilai gizinya. Juga pastikan jangan terlalu banyak menambahkan minyak saat mengolahnya.

Bunda juga dapat menggunakan hanya setengah saja bumbu penyedap yang di sediakan dalam kemasan. Atau membuat bumbu sendiri dengan sedikit garam.

Kami berharap bunda sekarang mengerti makan mie instan saat hamil sebenarnya tidak baik dan kalau bisa di hindari untuk kesehatan bunda dan bayi.

Sebelum bunda memutuskan untuk makan mie instan saat hamil ada baiknya bunda berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Ibu Menyusui Kadang Haid Kadang Tidak, Mengapa Demikian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *